3 Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog Anda

3 Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog Anda
Jika diumpamakan, pengunjung layaknya orang yang tinggal didalam rumah, dan rumah tersebut adalah websie atau situsnya, jadi, bisa dikatakan bahwa pengunjung adalah faktor tepenting di dalam blog, karena tanpa adanya pengunjung maka berarti blog kita bukanlah apa-apa, tidak ada satupun orang yang mendapatkan manfaat dari karya yang kita tulis.

Dalam faktor ini, menurut saya ada 3 faktor yang patut anda perhatikan, yang pertama adalah bagaimana membuat pengunjung merasa nyaman, yang kedua mereka merasa perlu mengunjungi blog anda kembali, serta yang ketika adalah bagaimana cara mendatangkan pengunjung tersebut ke blog kita, entah dari media sosial, forum, atau bahkan beriklan di media partner.

Jika anda mulai merasa, kenapa sih sepi banget blog saya ini? mungkin ada beberapa analisis yang perlu anda lakukan, biasanya salah satu yang terjadi adalah kurang "bagusnya" promosi anda untuk mendatangkan pengunjung, karena seperti contohnya mesin pencari (google, bing, dll). Mungkin blog anda tidak memiliki peringkat yang cukup bagus di hasil pencarian google yan menyebabkan blog anda sepi pengunjung.

Sebenarnya, ada banyak faktor yang mempengaruhi naik turunya pengunjung anda, akan tetapi yang utama dan tetap akan bertahan lama adalah mesin pencari, kenapa? karena ada jutaan orang setiap harinya yang mencari informasi disana, jika blog anda tidak terindex di google dan tidak memiliki rangking bagus, maka peluang untuk mendatangkan jutaan orang setiap harinya sirnah begitu saja.

1. Pengunjung Merasa Nyaman

Mungkin ini bukanlah satu-satunya cara agar blog ramai akan pengunjung, akan tetapi jika kita ingin berhasil, kita juga perlu memperhatikan detail-detail kecilnya, seperti yang satu ini. Jadi, buatlah pengunjung kita merasa senyaman mungkin dengan blog kita, mulai dari template yang akan digunakan, gaya penulisan artikel, hingga warna yang akan diusung oleh blog kita. Karena, semua hal tersebut turut berkontribusi terhadap pandangan pengunjung mengenai blog kita.

2. Pengunjung Merasa Perlu "Kembali"

Jika pengunjung anda hanya datang, lalu pergi begitu saja tanpa menunjukan respon "positif" maka saya kira ada sesuatu yang kurang klop, karena biasanya pengunjung yang tertarik kepada suatu situs, mereka akan berkontribusi secara aktif sebagai komentator dan mengunjungi blog tersebut dengan rajin, jadi usahakanlah untuk membuat pengunjung anda "betah" untuk mengunjungi blog anda.

Ada beberapa faktor yang bisa mendorong faktor ini, yang perlu anda perhatikan adalah rasa nyamanya pengunjung terhadap blog anda seperti poin 1 diatas. Mulai dari tampilan blognya, usahakanlah jangan terlalu memilih template yang "wah", akan tetapi pilihlah template blogspot yang sederhana namun tidak bikin "pusing" dimata, lalu pilihlah warna blog secermat mungkin, jangan pilih warna yang terlalu mencolok, pilihlah yang agak gelap agar nyaman ketika membaca, serta buatlah gaya penulisan di blog anda seunik dan senyaman mungkin, karena pengunjung akan terus tertarik mengikuti alur ceritanya.

3. Cara Mendatangkan Pengunjung ke Blog

Menurut pengalaman saya pribadi, ada beberapa cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita, namun yang utama adalah mesin pencari, media sosial, dan forum. Dengan memaksimalkan tiga faktor itu saja saya kira kita sudah bisa mendulang banyak sekali pengunjung ke blog kita.

Untuk mesin pencari, anda harus mempelajari SEO atau search engine optimization yang akan membantu anda mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian mesin pencari. SEO terbagi 2, yakni On page dan Off page, On page adalah hal-hal yang berhubungan dengan internal website (meta tag, struktur html, judul, keyword), dan Off page adalah hal-hal yang berhubungan dengan eksternal website, salah satu yang terpenting adalah backlink atau tautan ke situs kita, semakin "natural" dan relevanya backlink maka akan semakin bagus di mata search engine.

Kita juga bisa memaksimalkan media sosial dan forum untuk mendulang pengunjung, dengan cara berpromosi disana. Kita bisa membuat 1 akun khusus yang mengupdate postingan blog kita di masing-masing media sosial (twitter, facebook, google+). Nah, kalau untuk forum kita bisa me-rewrite tulisan-tulisan di blog kita dan mempostingnya di forum, tentunya dengan meninggalkan sumber atau identitas tulisan tersebut yang berasal di blog kita, bisa juga dengan backlink.

Demikian informasi terbaru seputar dunia blogging tentang 3 cara sederhana mengingkatkan pengunjung blog anda, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba bloggers!

0 Response to "3 Cara Jitu Meningkatkan Pengunjung Blog Anda"

Post a Comment