Cara Agar Blog Ramai Pengunjung (Visitor)

Cara Agar Blog Ramai Pengunjung (Visitor)
Blog yang ramai akan komentar dan pengunjung tentu merupakan dambaan bagi semua blogger, akan tetapi tentu tidak mudah untuk mencapainya, kita perlu memulainya dari 0, membangun blog, merawatnya hingga menjadi blog yang sudah mapan, tentu banyak lika liku yang kita lewati, namun itu tidaklah luput dari bagian pembelajaran kita menjadi seorang blogger.

Blog yang ramai pengunjung tentu menjadi salah satu tolak ukur untuk melabelnya sebagai blog yang sukses, walaupun tidak hanya itu saja sebenarnya. Namun, apalah artinya apabila kita memiliki blog dengan tampilan dan reputasi yang bagus namun tak ada yang mengunjungi, hehehe.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba memberikan tips-tips agar blog anda ramai kunjungan, tentunya ini dari pengalaman saya ngeblog beberapa tahun ini, mungkin ada yang masih bekerja, dan mungkin juga ada yang tidak berpengaruh, tapi nggak ada efek sampingnya kok... hehehe.

Sosial Direktori

Mungkin sebagian dari anda sudah mengetahui apa itu social direktori, nah bagi anda yang belum paham mengenai social direktori ini, social direktori adalah situs social yang biasanya dijadikan para blogger sebagai sarana berbagi artikel atau bahasa mudahnya men-submit artikel, dan tentu saja kita bisa mendapatkan pengunjung tambahan dari situs ini selain dari search engine.

Contoh-contoh dari social direktori adalah seperti scoop.it, lintas.me, dan pinterest yang biasanya saya gunakan untuk mensubmit artikel. Nah, untuk direktori blog anda bisa mencoba untuk mendaftarkan blog anda di Dmoz.org yang memiliki PR 7-8, memang sangat susah diterima di direktori ini, namun khasiatnya bukan main.. hehe.

Sitemap

Sitemap adalah peta dari artikel-artikel yang ada di blog kita, biasanya halaman ini terbentuk secara otomatis setelah kita membangun suatu blog, nah, sitemap inilah yang harus kita submit ke google webmaster guna memudahkan google untuk me-crawl atau mengetahui keberadaan dari artikel di blog kita.

Forum

Forum adalah salah satu website yang sangat berpotensi untuk menggebrak pengunjung di blog kita, bagaimana caranya? buatlah suatu artikel yang menarik dan unik di suatu forum, lalu sisipkanlah link menuju ke blog kita, atau boleh juga artikel yang mempromosikan tentang blog kita. Forum apa sajakah yang bisa kita pakai? seperti kaskus, tribunews, kompas, dan detikforum.

Search Engine Optimization

Siapa yang tak kenal dengan SEO? tentunya anda sudah tak asing lagi bukan, yap, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa SEO adalah faktor terbesar yang menyumbang pengunjung ke blog kita. Bagaimana untuk bisa memaksimalkan SEO?

SEO terbagi menjadi 2, yakni off page dan on page, tentu keduanya harus seimbang, walaupun banyak orang mengatakan off page adalah yang utama.

Off page adalah kegiatan membangun backlink ke blog kita agar terbentuk reputasi yang bagus di mata search engine, apa itu backlink? yakni link yang mengarah ke blog kita dari situs lain, semakin relevan dan berkualitas link yang dihasilkan, maka semakin baik pula reputasi blog kita di mata search engine.

On page adalah kegiatan memaksimalkan seluruh faktor-faktor internal di blog kita, seperti sitemap yang saya kemukakan diatas tadi, meta tag, pengoptimasian judul, permalink, artikel, dan lain sebagainya.

Social Media

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, siapa sih yang tak kenal dengan social media, yap, kemudahanya menghubungkan kita dengan orang-orang terdekat kita. Social media ini juga dapat kita jadikan sebagai sarana untuk mempromosikan blog, dengan mensubmit url blog kita diakun yang kita punya, ini juga dapat mempromosikan blog kita sekaligus memperbaiki social signal, yang tentunya sangat baik sekali untuk SEO, dan diperhitungkan dimata search engine.

Banyak sekali social media yang dapat anda gunakan seperti twitter, facebook, dan google+.

Demikian informasi terbaru mengenai blog tentang cara agar blog ramai pengunjung (visitor) dan komentar, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Agar Blog Ramai Pengunjung (Visitor)"

Post a Comment