4 Tools Untuk Riset Keyword/Kata Kunci di Google

4 Tools Untuk Riset Keyword Kata Kunci di GoogleKata kunci atau keyword merupakan kata terpenting yang mewakili keseluruhan artikel, jadi dalam artianya kata ini bersifat universal dan menggambarkan artikel yang kita buat. Jadi kita bisa menentukan suatu keyword berdasarkan artikel yang kita buat, kata kunci yang kira-kira relevan dengan kontenya.

Oleh karena itu, kita juga harus bertindak cermat dalam memilih keyword untuk blog atau sebuah artikel, pasalnya keyword yang dipilih dapat membuat blog ramai pengunjung atau malah sebaliknya, karena semakin banyak keyword itu diburu orang, maka tentunya akan semakin banyak pula orang yang berkunjung ke blog kita.

Dalam memilih keyword, ada 2 cara yang dapat kita gunakan, yakni manual dan otomatis. Kita bisa memikirkan secara manual apa kata kunci yang orang tuliskan di search engine ketika mencari sesuatu, jadi posisikanlah diri kita sebagai orang yang sedang mencari "sesuatu" tersebut. Nah, sedangkan dengan cara otomatis, kita bisa menggunakan berbagai macam tools riset keyword yang tersedia di internet.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa tools online yang dapat anda gunakan untuk meriset keyword, beberapa merupakan layanan dari google, dan lainya dari pihak ketiga, tapi fungsinya dan kualitasnya sama-sama bagus kok, dan tentunya gratis.

Google Trends

Google trends merupakan sebuah layanan google yang bertujuan untuk melihat apa sajakah trend pencarian di google, jadi semua kata kunci atau keyword yang banyak orang cari pada tahun ini atau pada momen tertentu akan terpampang disana. Tentunya tool ini akan membantu kita untuk mencari tren-tren di masyarakat untuk dijadikan keyword nantinya, karena pastinya tren akan terus berubah setiap saat, dan kita harus mencari tahu apa yang dicari dan diinginkan oleh para pencari. Anda bisa mengunjungi http://www.google.com/trends/ untuk mulai menggunakanya.

Google Keyword Planner

Berbeda dengan Google Trend, Google keyword planner ini merupakan tool yang disediakan bagi para blogger atau publisher, tentu fungsi utama dari tool ini adalah meriset keyword. Menurut saya pribadi, google keyword ini bersifat lebih akurat dikarnakan merupakan layanan dari google itu sendiri. Nanti anda bisa menemukan berapa pencarian terhadap keyword yang anda riset, tingkat persainganya, ide-ide kata kunci, hingga harga pasaran ppc yang ditawarkan. Anda harus mendaftar akun adword/keyword planner terlebih dahulu di https://adwords.google.com/KeywordPlanner untuk menggunakan tool yang sangat bermanfaat ini.

Keywordtool.io

Tool yang satu ini merupakan tool buatan pihak ke 3, namun tingkat keakuratannya sudah diakui oleh para blogger, termasuk saya pribadi, saya seringkali menggunakan keywordtool.io untuk menemukan keyword-keyword turunan dari kata kunci utama yang saya bidik. Nanti setelah memeberikan sugesti, tool ini akan memberikan ide-ide terhadap kata kunci yang anda berikan, dan bagusnya lagi semua itu dapat disimpan dalam file excel, jadi anda akan lebih mudah mengorganisirnya.

Ubbersuggest.org

Tidak terlalu jauh berbeda dengan keywordtool.io, tool riset keyword yang satu ini merupakan buatan pihak ketiga, yakni ubersuggest. Menurut pengalaman saya pribadi, saya seringkali menggunakan tool ini untuk nantinya dikomparasikan dengan hasil di tool lainya. Selain itu ubbersuggest.org ini juga sangat bagus sekali dalam melakukan riset keyword, karena tool ini akan memberikan keyword turunan dengan kata yang relevan dan banyak dicari dari semua inisial alphabet (a-z).

Demikianlah beberapa tool online yang dapat anda gunakan untuk meriset keyword atau kata kunci di google dengan mudah dan akurat, semoga bermanfaat, dan selamat berburu keyword!

0 Response to "4 Tools Untuk Riset Keyword/Kata Kunci di Google"

Post a Comment