5 Cara Mendapatkan Uang dari Kegiatan Blogging

5 Cara Mendapatkan Uang dari Kegiatan BloggingMendapatkan uang dari blogging? Tentunya merupakan hal yang masih asing bagi beberapa diantara kita yang belum pernah mencobanya, namun siapa sangka kegiatan blogging yang terlihat simple dan tidak terlalu sulit dapat menghasilkan penghasilan yang cukup besar dan bisa diandalkan jadi pemasukan utama.

Kunci untuk mendapatkan uang dari kegiatan blogging hanya 2, yakni tekun dan konsisten, apabila anda menjalani kedua hal tersebut secara beriringan, maka saya percaya anda akan terus berkembang dan semakin maju blog yang anda kelola.

Jika anda ingin mendulang banyak pendapatan dari kegiatan nge-blogging namun anda tak ingin kehilangan pekerjaan utama anda, itu bukan masalah, anda dapat menjadikan blogging sebagai part time job atau pekerjaan sampingan, gunakanlah waktu luang setiap harinya untuk "merawat" blog anda, jika hanya memiliki sebentar waktu tak apa-apa, yang terpenting adalah konsisten.

Biasanya jika anda ingin mendapatkan penghasilan tetap dari ngeblog, anda terlebih dahulu harus fokus pada blog yang anda kelola, jadikanlah blog tersebut berkualitas dan memiliki pengunjung yang banyak dan tetap, usahakanlah tren pengunjungnya stabil namun cenderung meningkat, alangkah lebih baiknya lagi anda memiliki beberapa blog yang seperti itu, jadi masih ada back up apabila salah satu blog sedang "down".

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan 5 cara yang biasa saya gunakan untuk mendapatkan "receh" dari dunia blogosphere, mungkin terlihat sederhana bagi anda yang sudah mengetahui seluk beluk blogging, namun tidak ada salahnya bukan apabila saya membagikanya kembali disini, hehe.

1. Mengikuti Program PPC

PPC atau kepanjangan dari Paid Per Click adalah sebuah layanan yang menghubungkan antara blogger dengan advertiser, jadi bagi anda yang tidak ingin ribet-ribet mencari pemasang iklan, PPC lah sarana yang paling menjanjikan, tinggal daftar lalu pasang scriptnya, maka iklan advertiser akan muncul di blog anda, pada sistem PPC ini anda dibayar ketika ada klik dari pengunjung terhadap iklan yang anda pasang di blog. Banyak sekali layanan PPC yang bagus, baik lokal maupun mancanegara, seperti Kliksaya, Adsensecamp, Google Adsense, dan Innity.

2. Memasang Iklan Mandiri

Berbeda dengan PPC, Iklan mandiri adalah sistem iklan yang kita adakan sendiri di blog kita, jadi kita mencari advertiser secara manual, dan apabila ada orang yang ingin memasang iklan di blog kita, maka langsunglah terjadi transaksi, tanpa perantara. Jadi disini anda dapat lebih bebas, dalam artian anda bisa mengatur rate harga yang anda inginkan untuk setiap pengiklan, lalu iklan apa saja yang diperbolehkan, dan sebagainya. Biasanya harga iklan mandiri ini bergantung kepada banyaknya pengunjung suatu blog. Contoh iklan mandiri di blog ini bisa anda lihat pada halaman pasang iklan.

3. Mengikuti Program Affilasi

Affilasi atau Affiliate adalah suatu program yang memberikan kita komisi apabila produk yang terjual bersumber dari link referral kita, jadi nantinya setiap ada orang yang membeli produk dari link affilasi kita, maka kita akan mendapatkan komisi atau upah dari pihak yang mengadakan affilasinya. Besaranya tergantung dari produknya itu sendiri, serta affilasi memiliki keberagaman produk, jadi tidak terbatas, anda bisa mencari banyak informasi mengenai affilasi yang tersedia di internet, sangat banyak sekali bertebaran. Dan affilasi ini bisa dijadikan salah satu sumber pendapatan blog, affilasi yang sangat digemari dan booming dikalangan blogger saat ini adalah toko-toko online ternama, seperti amazon dan zalora.

4. Menjual Produk Sendiri

Anda seorang pengusaha? atau seorang yang bingung bagaimana harus mempromosikan produk anda? bloglah jawabanya! anda bisa menggunakan blog sebagai sarana penghubung antara penjual dan pembeli, karena di blog tersebut, anda bisa menjual apa saja yang anda mau, jadi akan lebih efisien jika dilakukan secara online. Salah satu pendapatan ngeblog bisa anda dapatkan dari yang satu ini, anda bisa mencoba untuk menjual produk-produk anda di blog, dan setelah itu anda tentunya harus men-SEOkan atau membuat rank produk tersebut bagus di google, agar blog tersebut ramai pengunjung atau visitor, dan pada akhirnya membuat deal pembelian.


 5. Menjual Ebook

Pada beberapa kasus, banyak sekali blogger yang gemar menjual ebook-ebook buatan mereka sendiri, tentunya untuk mendapatkan penghasilan yang lebih banyak dan membagikan ilmu yang dimilikinya, nah, jika anda bingung harus berjualan apa di blog, mungkin ebook lah salah satu pilihanya, anda bisa menuliskan benak pikiran anda dalam file bentuk pdf untuk kemudian di jual di blog, apa saja yang dikiranya penting dan pastinya akan bermanfaat bagi orang lain, jika ebook tersebut dirasa sudah mumpuni dan dapat memenuhi ekspektasi para pembacanya, jangan takut untuk menjualnya, karena selain anda akan mendapatkan tambahan penghasilan, namun ilmu yang anda miliki juga akan lebih bermanfaat.

Demikian postingan terbaru seputar tips dan trik blog tentang bagaimana 5 cara mudah dan simple mendapatkan uang dari kegiatan blogging yang sederhana, semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

0 Response to "5 Cara Mendapatkan Uang dari Kegiatan Blogging"

Post a Comment